Wednesday, November 12, 2014

PRAKTIKUM 3. VOIP SERVER ASTERISK

1. TUJUAN 
  • Mahasiswa mampu memahami cara kerja Voip Server dengan menggunakan Asterisk
  • Mahasiswa mampu mengimplementasikan Voip Server
  • Mahasiswa berhasil untuk melakukan 'call' antar PC
Analisa :
       VoIP Server adalah bagian utama dalam jaringan VoIP. Perangkat ini memang tidak wajib ada di jaringan VoIP, tetapi sangat dibutuhkan untuk dapat menghubungkan banyak titik komunikasi server. Perangkat ini dapat digunakan untuk mendefinisikan jalur dan aturan antar terminal. Selain itu VoIP server juga bisa menyediakan layanan-layanan yang biasa ada di perangkat PBX (Private Branch Exchange), voice mail, Interactive Voice Response (IVR), dan lain-lain. Beberapa jenis SoftSwitch juga menyediakan fasilitas tambahan untuk dapat berkomunikasi dengan SoftSwitch lain di internet. Ada beberapa SoftSwitch yang dapat anda pilih untuk membangun jaringan VoIP sendiri, semuanya memiliki lisensi gratis. Contoh dari VoIP server ini adalah Asterisk. 

        Asterisk adalah software IP PBX untuk membuat sistem layanan komunikasi telepon melalui internet atau biasa disebut VoIP (Voice over Internet Protocol). Asterisk adalah software Open Source yang berjalan di linux. Asterisk juga memungkinkan komunikasi antar pengguna telepon regular dengan telepon berbasis sip (sip phones).

Topology VOIP server asterisk



topology diatas digunakan untuk menerapkan voip server asterisk, terdiri dari 3 PC yang berbeda, dimana masing-masing PC berperan sebagai client dan ada sebagai server. untuk melakukan penginstallan pada server digunakan perintah berikut :
# apt-get install asterisk
Setelah instalasi selesai, pastikan 3 paket berikut sudah terinstall dengan baik:
    asterisk
    asterisk-config
    asterisk-sounds-main
Selanjutnya adalah konfigurasi.
# cd /etc/asterisk/
Untuk pembuatan data account dengan menggunakan perintah
# pico sip.conf
Kemudian tambahkan pada data bagian paling bawah,

jumlah user diatas bergantung pada berapa banyak perangkat yang akan digunakan dan user bisa ditambahkan dari [800]-[809]. selanjutnya lakukan perintah berikut :
# pico extensions.conf 
digunakan untuk mengetahui configurasi pada extensions, dan konfigurasi ditambahkan dengan :

kemudian lakkan rstart asterik, untuk menerapkan konfigurasi pada program dengan :
# /etc/init.d/asterisk restart
Maka kedua user tersebut sudah dapat saling melakukan panggilan dengan menggunakan X-Lite yang telah terinstall pada PC tersebut.
X-Lite digunakan sebagai media penghubung yang bertindak seperti telephone, untuk melakukan konfigurasi pada X-Lite klik Account dan tambahkan beberapa pengaturan berikut :
di PC-A, X-Lite diatur seperti ketentuan tersebut, untuk domain gunakan IP pada PC server. Jangan lupa untuk menghubungkan semua PC dalam satu switch yang sama. lakukan juga untuk PC-B dengan menggunakan user ID yang berbeda sesuai dengan konfigurasi extension diawal tadi, kali ini digunakan extensions user 803 sebagai PC-B, dan ketika dilakukan panggilan melalui PC-A, maka akan tampak seperti berikut :

Maka, pemanggilan antar PC menggunakan Voip Server asterisk berhasil dilakukan. Sekian analisa mengenai Voip Server

Referensi :

No comments:

Post a Comment