Wednesday, October 29, 2014

Praktikum 2. RTT

Bagian 2. Round Trip Time (RTT)

Tujuan : 
1. Mahasiswa dapat menganalisa secara sederhana tentang unjuk kerja jaringan akses internet pada         suatu tempat.
2. Mahasiswa dapat menggunakan dan memahami output aplikasi PING
3. Mahasiswa dapat mengolah data RTT sebagai rowdata untuk dijadikan ukuran unjuk kerja dari           suatu jaringan akses internet. 

Metode : 
1. Melakukan PING ke www.detik.com untuk mengetahui lama waktu yang dibutuhkan untuk sampai     ke alamat tersebut.
2. Menggunakan Ms. Excel sebagai pengolah data hasil PING
3. Menentukan nominal RTT dengan rentang tertentu yang sering muncul.
3. Menggunakan grafik CDF dan PDF sebagai pembanding kualitas jaringan akses internet.

Analisa :
        Praktikum kali ini bertujuan untuk pengambilan data tentang kestabilan unjuk kerja kecepatan akses internet, pada percobaan ini juga menggunakan CDF (Cummulative Distribution Function) dan PDF (Probabilitas Distribution Function) dengan menentukan banyaknya nominal RTT yang mungkin terjadi pada rentang waktu tertentu. 
        Untuk mencapai tujuan tersebut, langkah pertama yang dilakukan adalah melakukan PING ke situs www.detik.com dengan 1000 iterasi, sebagai variasi dan perbandingan digunakan 4 byte yang berbeda yaitu 64,128,512 dan 1024 byte. melalui aplikasi command prompt seperti berikut :
                                                                                                                                                                                               
perintah diatas digunakan untuk mengetahui besarnya RTT pada byte-byte tersebut, digunakan iterasi 1100 karena dibutuhkan 1000 data, jika digunakan iterasi 1000 pada proses PING maka, 1000 akan berkurang jumlahnya mengingat adanya RTO yang terjadi sebagai loss. setelah proses PING selesai dilakukan contoh dari data yg diperoleh adalah :
tampak pada gambar, dari 1100 data yang diminta hanya terpenuhi 1050 data yang sukses, selebihnya data dalam keadaan loss. Jika data telah berhasil diperoleh, selanjutnya adalah menentukan histogram PDF dan CDFnya, melalui Ms. Excel pisahkan data RTT hingga benar-benar memperoleh hanya waktu saja,


gunakan data waktu diatas untuk menghitung CDF dan PDF, sebelumnya PDF sendiri merupakan suatu fungsi yang menyatakan nilai kemungkinan terjadinya kejadian tertentu, PDF memiliki karakter jika semua datanya dijumlahkan maka hasilnya adalah 1, sedangkan CDF merupakan suatu fungsi yang menyatakan probabilitas terjadinya kejadian sampai kejadian tertentu, dan memilki karakter dimana data maksimal akan bernilai 1. berikut tabel perhitungan CDF dan PDF:



Data diatas merupakan tabel perhitungan CDF dan PDF berurutan mulai dari 64 byte,128byte, 512 byte dan 1024 byte, Untuk memperoleh PDF, pertama-tama urutkan data waktu RTT dimuali dari yg kecil hingga besar, ambil waktu terendah sebagai batas terkecil yang ditambahkan dengan nilai BIN, yaitu BIN=25, penambahan data digunakan sebagai range waktu yang terjadi, lalu hitung berapa banyak data yang muncul pada range tersebut sesuai urutannya, banyaknya frekunesi munculnya waktu pada range tersebut dibagi dengan 1000 yaitu nilai iterasinya, maka nilai ini lah yang merupakan nilai PDF, 






Selanjutnya untuk CDF, dari nilai PDF dikumulatifkan berurutan dari data pertama PDF hingga data terakhir PDF sehingga pada akhirnya diperoleh angka 1. Setelah semuanya dilakukan lanjutkan dengan membuat grafiknya.






Dari data diatas yang dapat dianalisa adalah adanya perbedaan waktu terendah pada tiap bytenya, untuk byte 64 memilki waktu yang kecil sedangkan byte 1024 membutuhkan waktu yang paling lama, dari ini dapat dianalisa bahwa semakin besar byte yang kita minta akan semakin lama pula waktu yang dibutuhkan, Dan untuk kestabilan dari jaringan internetnya sendiri sudah tentu ada pada byte 64, dengan tampilan grafik yang lebih stabil yang menyatakan kualitas dari jaringan tersebut

Kesimpulan :
adapun kesimpulannya adalah sebagai berikut,
1.  PDF sendiri merupakan suatu fungsi yang menyatakan nilai kemungkinan terjadinya kejadian              tertentu. 
2. PDF memiliki karakter jika semua datanya dijumlahkan maka hasilnya adalah 1
3. CDF merupakan suatu fungsi yang menyatakan probabilitas terjadinya kejadian sampai kejadian         tertentu, 
4. CDF memilki karakter dimana data maksimal akan bernilai 1.
5. Mengetahui histogram dari CDF dan PDF akan mengetahui tingkat kestabilan dan kualitas suatu         jaringan internet.

No comments:

Post a Comment