Wednesday, October 22, 2014

Round Trip Time (RTT)

Praktikum 1
Analisa hasil RTT (Round Trip Time)

Pendahuluan:
         Pengguna internet di indonesia semakin meningkat dari tahun ke tahun seiring berkembangnya muatan informasi dan bergesernya karakteristik masyarakat Indoensia menjadi information oriented. Kondisi ini dapat dengan mudah ditemui di masyarakat perkotaan dan bahkan di masyarakat pedesaan dengan ditandai munculnya beberapa tempat akses internet seperti warnet atau bahkan jaringan 2.5G-3G yang mudah diakses dengan modem GSM atau CDMA.
Perkembangan yang positif ini bukannya tanpa masalah, dan yang paling mudah dideteksi adalah permasalahan di sisi user yaitu perihal lambatnya kecepatan akses akibat kondisi jaringan yang kurang baik dengan berbagai faktor yang mempengaruhinya. Pada praktikum ini mahasiswa melakukan analisis sederhana tentang unjuk kerja jaringan akses internet yang digunakan. Data yang digunakan berupa ukuran round trip time (RTT) dari PC pengguna ke server web tujuan. Aplikasi yang digunakan yaitu PING dan Spread Sheet untuk mengolah data  dan membuat grafik.

Tujuan :
1.  Mahasiswa dapat menganalisa secara sederhana tentang unjuk kerja jaringan akses internet pada suatu tempat.
2.    Mahasiswa dapat menggunakan dan memahami output aplikasi PING.
3.   Mahasiswa dapat mengolah data RTT sebagai rowdata untuk dijadikan ukuran unjuk kerja dari suatu jaringan akses internet.

Peralatan yang digunakan :
1.      PC yang dilengkapi dengan aplikasi PING dan Spread Sheet

2.      Koneksi internet

Analisa :

           Sebelum menganalisa tentang Round Trip Time (RTT) terlebih dahulu kita melakukan perintah 'tracert' pada command window dan mengetikkan nama situs yang hendak kita tuju, untuk praktikum kali ini, situs yang hendak dituju adalah www.detik.com. setelah diketikkan perintah tersebut akan muncul data banyaknyanya hop (lompatan) seperti gambar berikut, untuk hasilnya data dimasukkan kedalam file dengan format .txt :


Gambar 1.1 Data Hasi Trace

         Setelah urutan lompatan diketahui, kita dapat melanjutkan dengan membuat topologynya seperti gambar berikut : 
















Gambar 1.2 Topology Tracert situs www.detik.com

         Analisa yang bisa kita peroleh dari perintah 'tracert' diatas. 'Tracert/Traceroute' adalah perintah untuk menunjukkan rute yang dilewati paket untuk mencapai tujuan. Ini dilakukan dengan mengirim pesan Internet Control Message Protocol (ICMP) Echo Request Ke tujuan dengan nilai Time to Live yang semakin meningkat. Rute yang ditampilkan adalah daftar interface router (yang paling dekat dengan host) yang terdapat pada jalur antara host dan tujuan. Jadi bisa dikatakan perintah ini akan menunjukkan banyaknya jalur yang dilewati dari jaringan internet ke situs yang kita tujui.

          Selanjutnya adalah perintah PING (Packet Internet Gopher), banyak fungsi dari perintah PING, namun kali ini perintah PING digunakan untuk mengetahui pengaruh ukuran paket terhadap RTT. dengan menambahkan banyaknya iterasi dan mengubah jumlah byte-nya, dapat ditulis seperti berikut:
Gambar 1.3 PING mengetahui RTT

Perintah PING diatas tampak jelas terdapat perbedaan pada besarnya nilai byte yaitu dari 8,16,32,64, 128,256,512,1024,1500,2000,2500 dan 3000. yang selanjutnya akan disimpan kedalam text files dengan format .txt, fungsi penyimpanan data ini agar dapat melakukan perhitungan nilai rata-rata melalui Microsoft Excel, contoh data yang diperoleh adalah :

Gambar 1.4 Data yang diperoleh
Data diatas memberikan banyak informasi statistic untuk situs www.detik.com diantaranya jumlah packet yang dikirim melalui, sent, received dan juga banyaknya paket yang hilang berada pada lost 20%. Maksudnya adalah karena kita meminta 15 iterasi maka data yang dikirim sebanyak 15, namun terjadi lost = 3 yang bisa dilihat dari jumlah RTO-nya maka jumlah data yang diterima 12 dengan persentasi 20%.
           Setelah data didapat, dilanjutkan dengan menghitung rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk melakukan ping ke situs www.detik.com dengan besar byte yang diubah-ubah. Pengambilan nilai rata-rata ini bisa dilakukan dengan mengambil data dari keterangan ping tadi yang ada dibawah kolom, kali ini saya menggunakan Ms. Excel untuk menghitung rata-ratanya, setelah diperoleh semua data dari byte 8-3000, diperoleh grafik berikut :


Gambar 1.5 Histogram 
Grafik diatas menunjukkan adanya perbedaan rata-rata waktu yang digunakan dari setiap bytenya, Maka dapat dianalisa bahwa RTT adalah lamanya waktu yang diperlukan untuk sebuah sinyal yang dikirim dan mengetahui jumlah sinyal yang diterima. RTT juga dapat mengetahui besar waktu delay yang terjadi. Secara teori, semakin besar byte maka akan semakin lama waktu yang dibutuhkan, namun pada praktikum kali ini justru pada 8 byte yang mengalami waktu terlama.

Kesimpulan :

1. 'Tracert/Traceroute' adalah perintah untuk menunjukkan rute yang dilewati paket untuk mencapai       tujuan.

2. RTT adalah lamanya waktu yang diperlukan untuk sebuah sinyal yang dikirim dan mengetahui           jumlah sinyal yang diterima.
3. Semakin besar byte maka akan semakin lama waktu yang dibutuhkan.

No comments:

Post a Comment